Sabtu, 06 Februari 2016

tutorial Button script

CARA MEMBUAT BUTTON SCRIPT MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

Hay gaes,,, sekarang kita akan belajar membuat Button Script  yaa,,,, apa sih button script ???
Button script itu tombol misalnya tombol Goto and  Play yang biasanya digunakan untuk memanggil script yang ada di frame seperti Frame Number, Frame Label, Expression, Next Frame dan Previous Frame. Sebagai contoh dari penggunaan script  ini saya coba praktekkan pada tutorial membuat slide presentasi. 

yuk kita mulai saja tutorialnya :

1.      1. Pertama kita buka aplikasi Macromedia Flash 8 untuk mulai membuat project yang akan kita buat  lalu kita pilih create new dan klik Flash Dokumen :

   

 
1.      2. Setelah membuka Flash Dokumen, kita mulai dengan membuat sebuah kotak atau persegi menggunakan Regtangle Tool dan memberinya warna Biru menggunakan Fill Tool seperti berikut :

1.      3. Lalu buat layer baru dengan cara klik icon insert layer dan ubah nama Layer 2 menjadi TOMBOL dengan cara klik 2x pada  tulisan layer 2 :


1.      4. Jika sudah kita masukan tombol yang sudah jadi yang ada di Common Libraries, caranya kita Klik Window => pilih Common Libraries =>  klik Buttons :
1.      5. Setelah jendela Common Libraries muncul, kemudian pilih tombol yang akan kita gunakan, misalnya saya akan menggunakan tombol Playback Rounded => Rounded Grey Play.
6. Setelah memilih tombol kita masukkan pada obyek yang kita buat tadi caranya tinggal geser tombol tersebut kedalam layout, kemudian letakkan dibawah kotak yang berwarna biru seperti ini :



1.      7. Setelah itu kita tambahkan layer lagi  dan memberi nama SCRIPT , caranya sama seperti saat kita membuat layer tombol tadi :


1.      8. Setelah kita membuat layer script,  nah setelah itu kita ubah layer 1, layer tombol dan layer script ke Frame 2 dan klik kanan pilih Insert Keyframe (lakukan kesemua layer), dan hasilnya seperti ini:
 

1.   9. Nah setelah kita keyframe semua layer pada frame 2, klik layer 1 frame 2 dan ganti kotak biru menjadi warna merah menggunakan FILL TOOL :

1.      10. Selanjutnya kita buat tombol previous, caranya klik tombol play yang sudah ada kemudian dilanjutkan dengan kita klik Modify => Transform => lalu pilih Flip Horisontal ,maka akan seperti dibawah ini :
1.      11. Ok, sekarang kita akan memasukkan script stop, caranya klik Frame 1 pada layer “Script”  kemudian tekan F9 , setelah jendelan script action muncul, klik script Assist  kemudian klik icon  (+)  => Global Function =>  Time Line Control => Stop, maka hasilnya akan seperti dibawah ini :

1.       12. Lalu setelah itu lakukan hal yang sama pada Frame 2 layer script , maka hasilnya akan seperti :

1.      13. Langkah selanjutnya kita akan memasukkan script “gotoAndPlay” pada tombol. Caranya klik pada tombol Play, kemudian pada jendela Action Script klik tanda icon (+) => Global Function => Timeline  Control => goto :
1.      14. kemudian lakukan setting pada kotak Frame, ubah angka satu menjadi angka 2. Dimana, angka dua ini merupakan nomer frame, jadi ketika tombol di klik maka maka animasi akan bergerak ke frame 2. :

1.      15. Selanjutnya lakukan langkah yang sama juga pada tombol previous. Hanya yang membedakannya adalah settingan pada kotak Frame, angkanya jangan di ubah tetap angka 1. Artinya ketika tombol di klik maka animasi akan bergerak ke frame 1.



       Oke..semua langkah-langkah sudah selesai dan tidak sulit  kan teman. Tinggal Ctrl+Enter aja kalo mau tau hasilnya.
        Terima kasih dan semoga bermanfaat ya teman-teman semua .



Jangan pernah menyerah sebelum mencoba !!!











Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Menu

Blogger templates

About Me

Blogger news

Pages - Menu