Senin, 27 Juni 2016

EVOLUTION BUSINESS (EVOLUSI BISNIS)

"Evolusi Bisnis dalam Pengantar Bisnis"

Evolusi Bisnis adalah proses terjadinya aktivitas bisnis dari masa ke masa sesuai kondisi dan perkembangan teknologi, social dan budaya. Para pengusaha telah menjalankan bisnis sesuai perkembangan zaman, mulai dengan pola tradisional hingga memasuki era internet saat ini. Pola tradisional yang masih manual berangsur berubah ke system otomasi menggunakan teknologi dalam proses bisnisnya. 
Berdasarkan definisi e-bisnis yang dikemukakan di atas, kita dapat menggabungkannya ke dalam suatu definisi e-business yang utuh dengan melihat kesamaan dari setiap definisi tersebut dan menggabungkannya. Kesamaan tersebut dapat kita lihat dari beberapa sudut pandang, yaitu pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yang digunakan, objek atau kegiatan yang menjadi sasaran, tujuannya, dan keuntungan yang diberikan. Hasilnya sebagai berikut:

a. Pelaku E-Business
-Organisasi
-konsumen
-perusahaan
-supllier
-pekerja
-rekan bisnis

b. Alat/Media/S umber Daya yang Digunakan
- Teknologi informasi dan komunikasi
- Komputer, data yang telah terkomputerisasi
- internet

c. Kegiatan Sasaran
- Kegiatan bisnis
- Proses bisnis utama
- Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
- Operasi bisnis utama

d. Tujuan
- Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
- Transformasi proses bisnis
- Sharing informasi   

Tahapan Evolusi Bisnis :
Add caption

1. Era Kolonial
Abad ke 17 dan sebelumnya, usaha terkait dengan produksi pertanian dan perkebunan, dimana aspek ekonominya ditentukan oleh sukses atau tidaknya pertanian/ perkebunan tersebut dan faktor alam.

2. Revolusi Industri
Tahun 1760-1850, mengubah proses manufaktur yang memakai banyak pekerja manual dengan sistem pabrik untuk produksi masal (Mass Production) menggunakan mesin-mesin.

3. Era Kewirausahaan
Akhir tahun 1800an, munculnya banyak entrepreneur baru sebagai reaksi atas ditolaknya sistem monopoli oleh pengusaha-pengusaha besar dan adanya undang-undang antitrust.

4. Era Produksi
Sebelum tahun 1920an, ahli organisasi bisnis dengan konsep scientific management mengarahkan manajemen perusahaan untuk fokus pada proses produksi melalui spesialisasi tugas dan peningkatan produktifitas.

5. Era Pemasaran
Sejak 1950an, filosofi bisnis baru berupa konsep pemasaran yang membentuk kesadaran, preferensi serta selera konsumen dan didasarkan atas keinginan pelanggan.

6. Era Global
Tahun 1980an, dunia usaha merambah ke berbagai belahan dunia akibat kemudahan transfortasi dan kemajuan teknologi (ICT/ Information Communication and Technology), sistem produksi serta semakin efisien sistem distribusi dan pembiayaan internasional.

7. Era Informasi
Tahun 1990an, akibat tingginya pengguna internet yang memudahkan perdagangan disemua sektor perekonomian maupun sektor jasa serta menjadi sarana yang mudah dan cepat dalam proses Business To Business (B2B).

    Teknologi informasi telah mengubah dunia dan aktifitas bisnis tanpa terhalang ruang, waktu dan jarak. Aplikasi e-commerce, e-government, e-education dan berbagai aplikasi lainnya merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem bisnis di era informasi. 
Komunikasi bisnis berlangsung secara On Line melalui internet dengan biaya relative murah dibandingkan pola konvensional seperti e-mail (sutar elektronik), mailing list (sarana diskusi) dan pembuatan situs, home page atau web untuk memperkenalkan perusahaan tersebut ke publik.



**TERIMA KASIH**

Related Articles

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Menu

Blogger templates

About Me

Blogger news

Pages - Menu